Sejarah :

Program Studi Kebidanan Meulaboh merupakan salah satu dari empat (4) program studi yang ada pada Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh. Program Studi Kebidanan Meulaboh berdiri berdasarkan Kepmenkes RI. No. OT.01.01.1.4.2.002053.1 tentang pembentukan program studi D III Kebidanan Meulaboh dan Langsa, yang ditetapkan tanggal 16 April 2008.

Penerimaan mahasiswa baru perdana prodi D III kebidanan Meulaboh pada tahun akademik 2007/2008. Lulusan pertama pada tahun akademik 2009/2010 hingga saat ini sudah menghasilkan lulusan 6 (enam) angkatan. Prodi Kebidanan Meulaboh sudah pernah di akreditasi oleh BPPSDMK pada tanggal 8 November 2011.

 

A. Visi Prodi Kebidanan Meulaboh

Menjadikan Program Studi D III Kebidanan Meulaboh sebagai institusi yang terkemuka di wilayah Barat Selatan dalam menghasilkan bidan yang unggul, kompetitif dan islami pada tahun 2020.

B. Misi Prodi Kebidanan Meulaboh

  1. Menyelenggarakan pendidikan D III kebidanan yang bermutu dengan menerapkan kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen / tenaga pendidikan Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Menjalankan Program Pembinaan Alqur’an dan Karakter Islami
  3. Menumbuhkan jiwa enterpreunership dan mampu menciptakan lapangan kerja mandiri
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas lulusan yang tanggap bencana dibidang kebidanan
  5. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan organisasi profesi, stakeholder dan institusi pendidikan kebidanan serta pendidikan kesehatan lainnya baik lokal maupun nasional

 

C. Tujuan Prodi D III Kebidanan Meulaboh

  1. Mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi secara terus-menerus.
  2. Meningkatkan kualitas dosen dalam penyelenggaraan PBM untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berazas islami, dan berdaya saing tinggi di bidang Kebidanan.
  3. Melaksanakan penelitian berdasarkan evidence base untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang Kebidanan.
  4. Mempublikasi hasil penelitian melalui perpustakaan, jurnal lokal, nasional dan internasional
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada daerah yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
  6. Mempublikasi kegiatan pengabdian masyarakat melalui web Prodi Kebidanan Meulaboh jurnal lokal, dan nasional
  7. Menunjang kegiatan belajar mengajar yang mendukung tercapainya kompetensi Memberi peluang bagi lulusan untuk segera memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya
  8. Membina hubungan harmonis, kekeluargaan dan islami antara dosen, mahasiswa dan staf
  9. Membentuk lingkungan pendidikan yang berwawasan IPTEK dan berkarakter islami

 

Gallery Prodi D-III Kebidanan Meulaboh

Info selengkapnya lihat di website Prodi Kebidanan Meulaboh