Poltekkes Aceh Gelar Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif

Sejumlah 150 dosen dan calon dosen yang berasal dari 6 Jurusan dan 15 Prodi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Aceh yang tersebar di Banda Aceh, Langsa, dan Meulaboh mengikuti workshop peningkatan pengetahuan metodologi penelitian kualitatif yang digelar di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh.

Munazar SKep MPH selaku Ketua Panitia melaporkan kegiatan rutin tahunan yang diprakarsai Unit Penelitian ini dilaksanakan selama 3 hari sejak 4 s.d 6 Juli 2018 dengan menggunakan DIPA Poltekkes Aceh Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp. 278.990.000.- Workshop ini dipandu oleh Prof Dra R.A. Yayi Suryo Prabandani MSi PhD dan Dr Supriyati SSos MKes yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Rabu (4/07/2018) oleh Wadir 3 Ir. Ichsan Affan MSi mewakili Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh. Dalam sambutannya ia sangat mengharapkan kegiatan yang sangat baik dan positif ini dapat diikuti dengan serius dan tuntas oleh seluruh peserta demi pengembangan pengetahuan bagi dosen sebagai perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi dengan harapan dapat meningkatkan penelitian yang berkualitas dengan metodologi yang tepat.

Penanggungjawab kegiatan Dr Hermansyah SKM MPH mengatakan materi kegiatan metodologi penelitian yang meliputi rancangan, pengumpulan data, dan analisis data secara kualitatif ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya karena para dosen peneliti di bidang kesehatan ini lebih cenderung menggunakan metode kuantitatif. Oleh karenanya workshop ini digelar agar semakin kayanya wawasan dan pemahaman dalam penelitian terutama metode kualitatif. Besar harapan setelah selesai workshop ini para peneliti dapat menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitiannya. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *