Poltekkes Kemenkes Aceh Mendukung GERMAS dengan Pendekatan Keluarga

Aceh Besar: Poltekkes Kemenkes Aceh menjadi pelaksana kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan pendekatan keluarga. Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kegiatan yang dihadiri oleh seratusan peserta dari unsur tokoh masyarakat Aceh Besar, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Aceh Besar, mahasiswa dan umum. Kegiatan tersebut berlangsung 11 Agustus 2017 di Aula Majelis Permusyawaratan Ulama Provinsi Aceh. Ismail, SKM, M.Pd, selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan  kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Poltekkes Aceh dengan DPR-RI, Badan PPSDM Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Aceh Besar, dalam rangka sosialisi gerakan hidup sehat kepada masyarakat.

H. Ampera Miko, DNCom, MM selaku direktur Poltekkes Kemenkes Aceh dalam sambutannya menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan bukti kepedulian institusi pendidikan dalam mendukung Hidup sehat bagi masayarakat, dan merupakan Tupoksi dari lembaga pendidikan dalam melakukan sosialisasi gerakan hidup sehat dengan pendekatan keluarga, yang dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Sementara itu Tgk. Khaidir Abdurrahman, S.IP perwakilan Komisi IX DPR-RI yang membidangi Kesehatan dan ketenagakerjaan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut dan memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan program pemerintah dalam mencanangkan gerakan Indonesia sehat, dan juga beliau mengatakan kegiatan ini sudah berlangsung di berbagai daerah dan kota guna memproklamirkan gerakan masyarakat sehat pada masyarakat Indonesia.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan pemateri secara panelis yang memaparkan tentang gerakan masyarakat sehat dengan pendekatan keluarga, dengan pemateri dari lembaga pendidikan (H. Ampera Miko, DNCom, MM, Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh,) Unsur Pemerintah (Tgk. Khaidir Abdurrahman, S.IP perwakilan Komisi IX DPR-RI) dari dinas Kesehatan Aceh Besar (Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar dalam Hal ini di wakili Oleh Isnaini Putri, S.SiT, M.Kes), yang di moderator langsung oleh Ismail, SKM, M.Pd. rangkaian kegiatan tersebut juga di isi dengan Tanya jawab antara peserta dengan panelis, serta penanda tanganan komitmen gerakan masyarakat sehat oleh seluruh peserta yang hadir dan wawancara dengan media cetak dan eletronik.(nas/t)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *