UNIT DATIN POLTEKKES ACEH GELAR PENGARAHAN PENGISIAN DAN SINKRONISASI  DATA PDDIKTI PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2017

Aceh Besar: Gelaran Pengarahan Pengisian dan sinkronisasi data PDDIKTI berlangsung di Aula Lantai 3 Poltekkes Kemenkes Aceh pada Selasa 8 Agustus 2017. Acara tersebut di pandu langsung Oleh saudara Rahmat Zaini, A.Md. yang baru mengikuti kegiata sinkronisasi data perguruan tinggi se Indonesia di Bekasi beberapa waktu yang lalu. kesesuaian data Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa/I baru dari berbagai jurusan yang ada di lingkungan poltekkes kemenkes Aceh.

Dalam kesempatan ini mahasiswa juga mendapat pengarahan langsung dari kepala bidang data dan Informasi Poltekkes Aceh Rapitos Sidiq, SKM.,MPH yang menjelaskan mengenai PDDIKTI yang diadopsi dari Slide Kemenristek Dikti yaitu sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi seluruh Indonesia. Kumpulan data tersebut dikelola oleh Dirjen Ristek Dikti. Data mahasiswa sebagaimana dijelaskan Ka. Unit Datin merupakan data yang sangat penting bagi mahasiswa karena berkaitan dengan perkuliahan selama di Perguruan Tinggi. Data ini dapat menyatakan bahwa anda benar-benar berkuliah di perguruan tinggi tersebut. Data Mahasiswa yang sudah ada (terdaftar) di Portal KEMENRISTEK DIKTI dapat menandakan bahwa mahasiswa tersebut secara sah diakui dan bukan “Mahasiswa Palsu”. Data tersebut diperlukan ketika Pindah Perguruan Tinggi, PIN (Penomoran Ijazah Nasional), Alih Jenjang/Sambung Kuliah, Beasiswa, Mengikuti UKOM (Ujian Kompetensi), Melamar Pekerjaan (Tes CPNS Nusantara Sehat, dsb), Kenaikan Pangkat (Bagi PNS), Pengurusan NIDN/NUP (bagi Dosen).

Pada kesempatan tersebut mahasiswa juga diperkenalkan mengenai Teknik dan aplikasi pengisian data mahasiswa secara online pada laman forlap Ristek Dikti, serta kepada mahasiswa baru di haruskan untuk mengisi yang ada pada laman website poltekkes Kemenkes Aceh. (nas/zaini)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *