Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM)

Aceh Besar: Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) merupakan kegiatan awal pendidikan sebelum proses belajar mengajar berlangsung di Poltekkes Kemenkes Aceh. Pelaksanaan kegiatan PPSM dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai lingkungan kampus seperti ruang kelas, perpustakaan, ruang laboratorium (klinik, bahasa dan komputer) serta tempat lainnya. Selain itu mahasiswa baru juga diberikan pembekalan tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh jurusan, aturan dan norma etika mahasiswa serta hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh pendidikan di Poltekkes Semarang. Pelaksanaan kegiatan PPSM berlangsung selama empat (4) hari. 

H. Ampera Miko, DNCom, MM, dalam sambutannya pada pembukaan PPSM yang dihadiri oleh calon mahasiswa baru sebanyak 680 peserta, menjelaskan tentang tridarma perguruan tinggi dan proses pelaksanaan pembelajaran secara umum, serta berpesan untuk serius kuliah tidak hanya menjadi mahasiswa pasif akan tetapi harus harus dan kreatif dalam mengembangkan diri dan beriteraksi dengan masyarakat sekitar.  selain itu mahasiswa juga mendapat arahan dari Wadir 1 Dwi Sudiarto, SST, M.Kes tentang Sistem Akademik Pendidikan Poltekkes Aceh dan tentang Organisasi Kemahasiswaan oleh Wadir 3 Ir.Ichsan, M.Si.

Mardhatillah ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh Dalam Sambutan Mewakili panitia pelaksana kegiatan PPSM memaparkan tujuan dari Plekasanaan kegiatan ini yaitu sebagai berikut:  Tujuan pertama, untuk mempersiapkan fisik, mental, sosial, dan kultur mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan dan lingkungan baru di kampus Poltekkes Aceh yang tentu berbeda dari kehidupan mereka di sekolah,” ujar ketua panitia PPSM. Tujuan kedua, kata dia, adalah untuk mengantarkan mahasiswa baru mengenal dan menghayati kebijakan pemerintahan di bidang kesehatan, pokok-pokok program pendidikan di Poltekkes yang meliputi Tri Darma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat). Tujuan ketiga, mendorong minat dan pengembangan bakat mahasiswa untuk menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi perkembangan Poltekkes Aceh secepatnya.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan terjalin ukhuwah antar sesama mahasiswa serta mengikuti perkuliahan dari pertama hingga menyelesaikan studi tepat waktu. (nas/t) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *